Budaya Kerja

Horenso budaya komunikasi efektif

sakurazon.com-Budaya kerja di perusahaan Jepang memang unik dan menjadi inspirasi bagi banyak negara. Salah satu aspek kunci yang mendefinisikan keberhasilan kerja tim di perusahaan Jepang adalah sistem komunikasi yang kuat, yang dikenal sebagai Horenso. Horenso adalah Singkatan dari tiga kata bahasaJepang, Horenso (報告・連絡・相談). Sistem ini menjadi elemen esensial dalam membangun fondasi komunikasi yang lancar dalam perusahaan Jepang.

Apa itu HORENSO

HO  ー Hokoku 報告 melaporkan

REN    ー Renraku 連絡   menginformasikan/menghubungi

SO      ー    Soudan  相談  konsultasi

Hokoku yang berarti melaporkan adalah langkah pertama dalam Sistem Horenso. Karyawan di perusahaan Jepang diharapkan  secara teratur melaporkan hasil, kemajuan, atau bahkan masalah yang mungkin muncul dalam pekerjaan mereka kepada atasan.  Laporan ini bersifat formal, biasanya laporan disampaikan saat pertemuan atau forum lain yang memberikan kesempatan untuk berkomunikasi dengan detail.

Hokoku (報告) melaporkan

Tujuan dari Hokoku adalah mencegah terjadinya manajemen yang salah, dan untuk mengidentifikasi potensi risiko atau masalah yang dapat mempengaruhi jalannya pekerjaan. Dengan memahami secara mendalam apa yang terjadi di setiap proses pekerjaan, perusahaan dapat mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasi situasi sebelum menjadi masalah yang lebih besar.

Berikutnya adalah Renraku, yang menekankan pentingnya berkomunikasi dengan rekan kerja dan atasan. Dalam budaya kerja Jepang, komunikasi yang efektif dianggap kunci untuk memastikan bahwa semua anggota tim memiliki pemahaman yang sama tentang tujuan, prioritas, dan perubahan yang mungkin terjadi.

Renraku (連絡): Menginformasikan

Renraku atau menginformasikan  mirip dengan Hokouku namun bersifat kurang formal. selain kepada mengiformasukan kepada atasan Renraku juga ditujukan kepada tim yang terlibat, client, konsumen dan lain lain. ????

Tujuan Renraku yaitu ketika ada masalah, dapat langsung di tangani. Dengan mengetahui kondisi terbaru, dampak masalah kepada pihak yang terlibat dapat dihindari. 

2. Penerapan Horenso dalam Perusahaan Jepang

Horenso bukan sekadar proses, tetapi juga nilai budaya. Para pemimpin perusahaan Jepang seringkali menekankan detail dalam laporan dan memotivasi karyawan untuk aktif berpartisipasi dalam komunikasi dan konsultasi. Penerapan Horenso menjadi dasar bisnis, menciptakan lingkungan di mana informasi dapat mengalir dengan lancar dan keputusan dibuat secara kolaboratif.

3. Pendidikan Awal tentang Horenso

Horenso diajarkan kepada karyawan baru segera setelah mereka bergabung dengan perusahaan. Ini mencerminkan komitmen perusahaan untuk membangun fondasi komunikasi dan kolaborasi sejak dini dalam karir karyawan.

Shares:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *